Komunitas Praktisi

Aksi Nyata "Visi Guru Penggerak"

(Manajemen Perubahan)

Mengutip materi yang saya dapat tentang "Peralatan Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara" pada pendidikan Guru Penggerak modul 1.3, bahwa Ki Hadjar Dewantara dalam majalah "Keloearga" tahun 1937 menyatakan sebuah frasa "peralatan pendidikan". Beliau menjelaskan, peralatan pendidikan merupakan cara-cara mendidik yang beragam bentuknya. Namun, beliau membaginya menjadi 6 cara utama sebagai berikut :

1. memberi contoh

2. pembiasaan

3. pengajaran

4. perintah, paksaan dan hukuman

5. laku

6. pengalaman lahir dan bathin

Beliau menyatakan bahwa alat-alat itu tidak perlu dipergunakan semua. Beliau pun menyampaikan bahwa ada yang tidak sepakat terutama dengan penggunaan cara nomor 4. Beliau pun menyatakan penggunaan cara-cara tersebut harus dihubungkan dengan jenjang usia dan perkembangan murid yang merupakan kodrat mereka.

Dalam pernyataan Ki Hadjar Dewantara tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa prakarsa yang telah saya buat dalam bentuk rencana manajemen perubahan berdasarkan pendekatan IA, dimaksudkan untuk menumbuhkan murid yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Kemudian, tindakan untuk mewujudkan pertumbuhan murid ini perlu diejawantahkan dalam cara mendidik yang beragam dan disesuaikan dengan kondisi murid maupun situasi di sekolah masing-masing.

Aksi nyata yang saya lakukan sesuai pernyataan diatas adalah saya membuat kelompok belajar "GuPI" SDN Banyu Urip III-364 Surabaya. "GuPI" adalah nama kelompok belajar yang mempunyai arti khusus dan sekaligus sebuah akronim yang berarti "Guru Penggerak Idea". Dalam kelompok belajar "GuPI" ini terdapat :

1. Kepala Sekolah, Bapak Puguh Handoyo, S. Pd. SD., M. Pd., sebagai penanggung jawab, 

2. Saya, Vivien Harianika Putri, S. Pd., sebagai Guru Penggerak,

3. 9 (sembilan) orang guru sebagai Agen Perubahan : 

    a. Ahmad Effendi, S. Pd. I.,

    b. Hairil Anwar, S. Pd.,

    c. Arif Rahmatulloh, S. Pd.,

    d. Ony Iva Aditya, S. Pd.,

    e. Winda Parasti, S. Pd.,

    f. Fitri Nuraisah, S. Pd.,

    g. Nuravika Rulfiariani, S. Pd.,

    h. Okti Vianti Mudi Prastiwi, S. Pd.,

    i. Sayyidah Iklilatul Jamilah, S. Pd.





Harapannya, semoga kelompok belajar "GuPI" ini dapat selalu melakukan perubahan-perubahan baik di SDN Banyu Urip III-364 Surabaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan dan karakter anak sehingga menciptakan "Student Wellbeing" yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. 


GuPI,

Good Change for Student Wellbeing

Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Diferensiasi (PPT)

Diagram Trapesium Usia

Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak